Novi Nunik Fitriani

 

Judul: Information Technology and Gen Z: The Role of Teachers, The Internet, and Technology in The Education of Young People

Volume: 101565

Tahun: 2021

Penulis: Universitas Zagreb, fakultas ekonomi dan Bisnis, JF Kennedy Square

Kemajuan teknologi telah mempengaruhi cara kita memperoleh pengetauan dan belajar. Di sisi lain internet menyediakan akses cepat ke teknologi informasi di berbgai bidang dan dengan demikian, meningkatkan efisiensi dan menghemat waktu. Pentingnya teknologi daring terutama ditekankan dalam metode baru untuk pembelajaran dan Pendidikan. Hal ini khususnya penting di kalangan Generasi Z (“Gen Z”), yang meperoleh pengetahuan dari internet dan berfokus pada pencarian informasi yang cepat.

Internet mewakili tempat penting sebagai sumber perluasan cakrawala. Akses teknologi informasi ke berbagai bidang. Sistem informasi meningkatkan Efisiensi dan menghemat waktu, menjadi alat penting untuk manajemen bisnis, pengambilan Keputusan, persaingan, pengembangan, dan terutama menonjol dalam metode baru untuk pembelajaran dan Pendidikan.

Pendidikan berbasis internet telah muncul selama 20 tahun terakhir. Bentuk berbagi konten daring melibatkan distribusi terbuka konten pendidikan yang telah dibuat oleh individu maupun Lembaga. Internet merupakan salah satu media yang paling fektif dlam Pendidikan dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional. Internet merupakan supermen yang penting dalam sumber wawasan yang luas.

Generasi Z merupakan genrasi yang mewakili pemuda saat ini di masyarakat kita dan yang telah memulai Pendidikan tinggi, permintaan akan metode pembelajaran adaptif baru semakin meningkat, dikarenakan anggota generasi ini sangat sering menggunakan internet dan media sosial, dan ini menjadi bagiandari kehidupan sehari-hari dan sosialisasi mereka.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan bagaimana teknologi dan internet memengaruhi perolehan pengetahuan oleh Generasi Z, dan bentuk perolehan pengetahuan. Penelitian dilakukan di antara 498 orang muda yang secara aktif menggunakan komunitas berbagi pengetahuan peer-to-peer daring.

Hasil analisis ANOVA menujukkan responded lebih condong pada pembelajaran melalui aplikasi seluler dan konten video daripada bentuk tradisional. Ditemukan pula bahwa siswa cenderung meniru guru mereka yang memadukan teknologi modern ke dalam kurikulum dan menggunakan di luar jam pelajaran. Hasil penelitian ini memberikan sejumlah kontribusi teoritas penting terhadap kesenjabgan perolehan pengetahuan oleh Gen Z, dan memberikan sejumlah rekomendasi praktis penting bagi para pendidik.

 

Sumber: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0160791X21000403

Resume artikel oleh Novi Nunik Fitriani

Komentar