Novi Nunik Fitriani
Judul: Information Technology and Gen Z: The Role of
Teachers, The Internet, and Technology in The Education of Young People
Volume: 101565
Tahun: 2021
Penulis: Universitas Zagreb, fakultas ekonomi dan
Bisnis, JF Kennedy Square
Kemajuan teknologi telah mempengaruhi cara kita
memperoleh pengetauan dan belajar. Di sisi lain internet menyediakan akses
cepat ke teknologi informasi di berbgai bidang dan dengan demikian,
meningkatkan efisiensi dan menghemat waktu. Pentingnya teknologi daring
terutama ditekankan dalam metode baru untuk pembelajaran dan Pendidikan. Hal
ini khususnya penting di kalangan Generasi Z (“Gen Z”), yang meperoleh
pengetahuan dari internet dan berfokus pada pencarian informasi yang cepat.
Internet mewakili tempat penting sebagai sumber
perluasan cakrawala. Akses teknologi informasi ke berbagai bidang. Sistem
informasi meningkatkan Efisiensi dan menghemat waktu, menjadi alat penting
untuk manajemen bisnis, pengambilan Keputusan, persaingan, pengembangan, dan
terutama menonjol dalam metode baru untuk pembelajaran dan Pendidikan.
Pendidikan berbasis internet telah muncul selama 20
tahun terakhir. Bentuk berbagi konten daring melibatkan distribusi terbuka
konten pendidikan yang telah dibuat oleh individu maupun Lembaga. Internet
merupakan salah satu media yang paling fektif dlam Pendidikan dibandingkan
dengan metode pembelajaran tradisional. Internet merupakan supermen yang
penting dalam sumber wawasan yang luas.
Generasi Z merupakan genrasi yang mewakili pemuda saat
ini di masyarakat kita dan yang telah memulai Pendidikan tinggi, permintaan
akan metode pembelajaran adaptif baru semakin meningkat, dikarenakan anggota
generasi ini sangat sering menggunakan internet dan media sosial, dan ini
menjadi bagiandari kehidupan sehari-hari dan sosialisasi mereka.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan
bagaimana teknologi dan internet memengaruhi perolehan pengetahuan oleh
Generasi Z, dan bentuk perolehan pengetahuan. Penelitian dilakukan di antara 498
orang muda yang secara aktif menggunakan komunitas berbagi pengetahuan
peer-to-peer daring.
Hasil analisis ANOVA menujukkan responded lebih
condong pada pembelajaran melalui aplikasi seluler dan konten video daripada
bentuk tradisional. Ditemukan pula bahwa siswa cenderung meniru guru mereka
yang memadukan teknologi modern ke dalam kurikulum dan menggunakan di luar jam
pelajaran. Hasil penelitian ini memberikan sejumlah kontribusi teoritas penting
terhadap kesenjabgan perolehan pengetahuan oleh Gen Z, dan memberikan sejumlah
rekomendasi praktis penting bagi para pendidik.
Sumber: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0160791X21000403
Resume artikel oleh Novi Nunik Fitriani
Komentar
Posting Komentar